Sabtu, 06 September 2014

Tujuan Akhir Pendidikan Adalah Membentuk Karakter Peserta Didik



Ilustrasi Pendidikan Yang Baik. Dok. Pri


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan masa depan adalah pendidikan yang mengutamakan Kreativitas dan Imajinasi, itulah kesimpulan yang saya dapatkan ketika mengikuti seminar-seminar, membaca artikel-artikel tentang pendidikan dan yang terutama tujuan dari Kurikulum 2013 yang sedang berlangsung sekarang ini. Dalam Prinsip Pembelajaran Abad 21, terkait dengan implementasi Kurikulum 2013 adalah :

1.      Metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, artinya peserta didik menjadi subyek pembelajaran yang secara aktif mengembangkan minat dan potensi yang dimilikinya. Disini guru berperan sebagai fasilitator yang akan membantu peserta didik mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan dia pelajari lebih lanjut dan menjadi pembimbing ketika peserta didik mengalami kendala atau masalah dalam proses belajar mengajar.   
2.      Peserta didik harus dibiasakan untuk berkolaborasi (bekerjasama) dengan sesama temannya yang memiliki latar belakang budaya, suku, agama dan ekonomi yang berbeda-beda. Peserta didik harus diajarkan saling berbagi informasi, saling menghargai pendapat, talenta dan kekuatan peserta didik lainnya. Demikian juga dengan guru-gurunya, mereka juga harus dibiasakan untuk saling berbagi informasi, saling bekerjasama dengan lembaga pendidikan dari Negara lain sehingga terjalin suatu kerjasama yang baik untuk memajukan dunia pendidikan.
3.      Mengembangkan metode pendidikan berbasis Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), yang artinya peserta didik kita lebih banyak kita arahkan dalam proses belajar mengajar mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran akan memberikan hasil yang maksimal jika peserta didik mampu mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat memberikan penilaian kinerja siswa yang dikaitkan dengan dunia nyata.
4.      Guru harus mampu menjadi fasilitator langsung agar peserta didik mampu menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab serta memiliki karakter yang baik, misalnya: dalam kegiatan gotong royong bersama dengan masyarakat sekitar untuk membersihkan lingkungan sekecamatan, sekelurahan dalam hari-hari tertentu yang telah terjadwal dengan baik. Sehingga terwujudlah tujuan dari Pendidikan Nasional, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi Sumber Daya Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Akhir pengetahuan adalah kebijaksanaan
Akhir dari kebudayaan adalah kesempurnaan
Akhir dari kebijaksanaan adalah kebebasan
Akhir dari pendidikan adalah karakter.
            Oleh karena itu, mendidik dengan hati dan menjadikan peserta didik menjadi generasi penerus yang memiliki karakter yang baik, cakap dan bermartabat adalah tujuan kita mendidik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar