Ilustrasi Pendidikan Yang Baik. Dok. Pri |
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh
dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan masa depan adalah pendidikan
yang mengutamakan Kreativitas dan Imajinasi, itulah kesimpulan yang saya
dapatkan ketika mengikuti seminar-seminar, membaca artikel-artikel tentang
pendidikan dan yang terutama tujuan dari Kurikulum 2013 yang sedang berlangsung
sekarang ini. Dalam Prinsip Pembelajaran Abad 21, terkait dengan implementasi
Kurikulum 2013 adalah :
1. Metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, artinya peserta didik menjadi subyek pembelajaran yang secara aktif mengembangkan minat dan potensi yang dimilikinya. Disini guru berperan sebagai fasilitator yang akan membantu peserta didik mendalami ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan dia pelajari lebih lanjut dan menjadi pembimbing ketika peserta didik mengalami kendala atau masalah dalam proses belajar mengajar.
2. Peserta
didik harus dibiasakan untuk berkolaborasi (bekerjasama) dengan sesama temannya
yang memiliki latar belakang budaya, suku, agama dan ekonomi yang berbeda-beda.
Peserta didik harus diajarkan saling berbagi informasi, saling menghargai
pendapat, talenta dan kekuatan peserta didik lainnya. Demikian juga dengan guru-gurunya,
mereka juga harus dibiasakan untuk saling berbagi informasi, saling bekerjasama
dengan lembaga pendidikan dari Negara lain sehingga terjalin suatu kerjasama
yang baik untuk memajukan dunia pendidikan.
3. Mengembangkan
metode pendidikan berbasis Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), yang
artinya peserta didik kita lebih banyak kita arahkan dalam proses belajar
mengajar mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari
sehingga pembelajaran akan memberikan hasil yang maksimal jika peserta didik
mampu mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Guru
dapat memberikan penilaian kinerja siswa yang dikaitkan dengan dunia nyata.
4. Guru
harus mampu menjadi fasilitator langsung agar peserta didik mampu menjadi warga
Negara yang demokratis dan bertanggung jawab serta memiliki karakter yang baik,
misalnya: dalam kegiatan gotong royong bersama dengan masyarakat sekitar untuk
membersihkan lingkungan sekecamatan, sekelurahan dalam hari-hari tertentu yang
telah terjadwal dengan baik. Sehingga terwujudlah tujuan dari Pendidikan
Nasional, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi Sumber Daya Manusia
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis dan
bertanggung jawab.
Akhir pengetahuan adalah kebijaksanaan
Akhir dari kebudayaan adalah kesempurnaan
Akhir dari kebijaksanaan adalah kebebasan
Akhir dari pendidikan adalah karakter.
Akhir dari kebudayaan adalah kesempurnaan
Akhir dari kebijaksanaan adalah kebebasan
Akhir dari pendidikan adalah karakter.
Oleh
karena itu, mendidik dengan hati dan menjadikan peserta didik menjadi generasi
penerus yang memiliki karakter yang baik, cakap dan bermartabat adalah tujuan
kita mendidik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar