Rabu, 28 Januari 2015

Kiat-Kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi



Bingung Setelah Tamat SMA


Setelah Tamat SMA Anda mau kemana?
Begitulah pertanyaan yang selalu menjebak para anak-anak muridku kelas Dua Belas sekarang ini. Mereka bingung mau melanjutkan kemana setelah tamat SMA. Pagi ini seperti biasa, saya mengajar dengan penuh semangat, lalu setengah jam sebelum pelajaran berakhir, saya pun memberikan dua buah pertanyaan sembari berkata “Siapa diantara kalian yang tamat SMA pengen kuliah?” spontan semua murid-muridku tunjuk tangan, tanpa dikomandoi merekapun berkata “semualah pak!”, lalu sayapun melanjutkan, “kalau begitu, coba dituliskan di buku catatannya, apa tips dan trik agar kamu dapat lulus di Perguruan Tinggi Negeri yang kamu idam-idamkan, lalu tuliskan juga apa tips dan trik agar sukses di Perguruan Tinggi yang kamu masuki?”. Itulah pertanyaan yang saya buat agar anak-anak muridku semangat dalam belajar.

Pun dengan siswa kelas dua belas diseluruh Indonesia, pasti sedang galau menentukan pilihannya setelah ujian UN, bahkan jauh-jauh hari belajar dengan serajin-rajinnya, agar dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri tentunya. Namun ada juga yang santai, tidak mau tau alias cuek bebek dengan keadaan yang ada, mereka tentunya berpendapat dengan santai, “akh sudahlah, kalau tidak lulus dengan jalur Undangan, Perguruan Tinggi Swasta kan masih banyak, ngapain susah-susah less, try out, bimbingan, ngabis-abiskan biaya langsung aja daftar ke Perguruan Tinggi Swasta.” begitulah dilema anak sekolahan setiap tahunnya setelah tamat SMA.  


Nah dalam tulisan kali ini saya akan membeberkan Tips agar Anda dapat sukses tentunya dalam memilih dan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit Anda. Begitu banyak Tips yang disediakan, namun percayalah, Tips ini sedikit lebih berbeda karena dirangkunm dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman pribadi juga teman-teman yang sudah sukses di Perguruan Tinggi Negeri. Dari jaman ke jaman begitu banyak perubahan peraturan untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri, namun kepercayaan diri yang dibekali dengan kemampuan (Self Skills) hasil dari latihan-latihan untuk mengerjakan soal, hasil dari nilai Try Out, hingga Doa, Harapan dan Semangat Pantang Menyerah yang selalu dikobarkan dalam hati adalah kunci sukses untuk meraih cita-cita dapat kuliah di Perguruan Tinggi Negeri favorit.

Saya sangat terkesan dengan perjuangan dan pengalaman dari seseorang yang selalu mencoba untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri favoritnya hingga jatah terakhirnya, karena tahun 1999-an hingga tahun 2000-an, kita bisa mencoba Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri hingga tiga kali coba, dia bisa masuk ITB di uji coba terakhirnya dan menjadi Mahasiswa Berprestasi. Begitu juga dengan siswa saya, ada yang tidak lulus Jalur Undangan, tetapi lewat Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dia dapat diterima di Fakultas Kedokteran USU berkat perjuangan dan kerja keras disertai dengan Doa dan Harapan tentunya dan sekarang telah menjadi Mahasiswa Kreatif di kampusnya..

Itulah sekelumit contoh orang yang sukses masuk Perguruan Tinggi Negeri, nah bagaimana pula jika dia sudah kuliah, pasti juga membutuhkan Tips dan Trik agar nyaman didalam dan cepat lulus, karena inti dari semua ini adalah Lulus, mendapatkan Skill atau keahlian dan juga Ijazah, karena di Negara Indonesia yang kita cintai ini, untuk bekerja di level yang tinggi dan mendapatkan gaji yang tinggi juga, tidak hanya bermodalkan skill atau keahlian, tetapi juga harus dilengkapi dengan selembar Ijazah.

Berikut adalah Tips dan Trik agar Anda dapat diterima di salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di seantero Indonesia yang kita cintai ini :

  1. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk meminta petunjuk kepada-Nya, pilihan Fakultas apa dan Jurusan apa, serta Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana yang akan Anda tuju.
  2.  Berusaha dengan cara-cara yang positif seperti: Mengikuti Bimbel, membahas soal-soal dirumah ataupun di tempat lokasi bimbel, berdiskusi dengan teman-teman, jika ada materi yang tidak diketahui bertanyalah kepada Tentor atau guru pembimbing di Bimbel ataupun di sekolah bertanya kepada Guru bidang Studi. 
  3. Memikirkan dengan sebaik-baiknya dan sematang-matangnya pilihan kita yang sesuai dengan kemampuan/skill kita masing-masing. Jangan coba-coba untuk memilih pilihan yang tidak sesuai dengan pilihan hati nurani dan kemampuan kita karena hanya desakan oleh orang tua, saudara atau bujukan orang lain, karena cerita yang tidak benar atau hanya karena ikut-ikutan orang lain. Pengalaman membuktikan bahwa banyak mahasiswa atau calon mahasiswa terjebak di Jurusan atau Perguruan Tinggi yang dipilih, diterima, masuk, tetapi tidak tamat-tamat bahkan DO (Drop Out) karena tidak sanggup atau tidak nyaman kuliah di jurusan atau di PTN yang dia dapat. 
  4. Tentukan pilihan kita dengan strategi yang menurut kita sudah benar (untuk SNMPTN), karena strategi yang jitu yang sesuai dengan nilai raport dari semester 2,3,4, dan 5 akan menentukan kita Lulus atau tidak di Jurusan atau pilihan PTN yang kita tuju. 
  5. Tawakal (berserah diri kepada Tuhan) pastikan yang terbaik buat kita, InsyaAllah kita akan Lulus dengan baik dan tetap rendah hati, jangan tinggi hati, sombong dan congkak, tetapi tetaplah pada semangat untuk mengejar mimpi. 
  6. Jika tidak lulus melalui jalur SNMPTN (Jalur Undangan), jangan menyerah! masih banyak lagi jalur masuk ke PTN seperti SBMPTN, UMB, dll.
  7. Jangan berkecil hati, bersedih yang berlarut-larut, ayo move on, ingatlah kata-kata bijak ini “Kegagalan awal keberhasilan”, “Usaha yang besar akan berbuah kesuksesan”, “Kegagalan adalah Keberhasilan yang Tertunda”. 
  8. Ingat, tidak semuanya Perguruan Tinggi Swasta itu kualitasnya kalah dari Perguruan Tinggi Negeri. dari PTS juga banyak yang sukses, bahkan suksesnya lebih besar dari lulusan PTN. So, intinya adalah didalam diri kita masing-masing, jika kita ingin sukses maka kita harus mencambuk diri kita dengan sebaik-bainya.
  9. Dalam menentukan pilihan, jangan terlalu bernafsu, sesuaikan dengan kemampuan/skill kita. Tetap rendah hati dan menuruti nasehat orang tua, kata hati dan mintalah restu Orang Tua, maka kamu akan sukses. 
  10. Tetap semangat! dan selalu ingat akan Tuhan yang selalu melindungi kita.
Tips-tips diatas adalah rangkuman dari Tips-tips yang saya punya dari pengalaman pribadi juga dari teman-teman dan yang terkhusus dari hasil observasi dan rangkuman dari tulisan tangan anak-anakku kelas Dua Belas yang saya minta dituliskan dalam buku catatannya apa mimpi, usaha dan upaya yang telah dan akan mereka upayakan untuk mewujudkan cita-cita mereka Kuliah di Perguruan Tinggi yang akan mereka tuju.

Kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi
Ketika seseorang diterima di Perguruan Tinggi favoritnya maka perasaan senang, bahagia dan ucapan syukur adalah hal yang normatif dan biasa dilakukan. Namun banyak persoalan yang muncul ketika sudah mulai memasuki bangku perkuliahan. Mulai dari atmosfir pertemanan, suasana belajar yang jauh berbeda saat berada di bangku sekolah. Kuliah adalah saat seseorang dihadapkan pada kedewasaan untuk menyikapi dan menyiasati cara belajar, bersosialisasi untuk mendapatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, skill, pengalaman dan berkompetisi untuk cepat tamat dan mendapatkan gelar untuk diaplikasikan ditengah-tengah masyarakat.

Sekarang ini pilihan kampus terbaik sudah banyak, jadi jangan berkecil hati apabila Anda tidak diterima di Perguruan Tinggi Negeri, Pilihan Perguruan Tinggi Swasta juga sudah banyak dengan pilihan Jurusan yang menjamur. Jaman Teknologi Tinggi sekarang ini, memilih Perguruan Tinggi juga sudah gampang. Salah satu Kampus yang menyediakan sarana dan prasarana yang terbaik, khususnya dibidang IT adalah Universitas Ubudiyah Indonesia, Universitas yang mendedikasikan dirinya khusus untuk mencetak para Ilmuwan, Peneliti, Profesional dan Calon Pemimpin masa depan Aceh dan juga Indonesia untuk masa yang akan datang. Dengan Visi untuk menjadi Kampus yang World Class Cyber University, Kampus ini memfasilitasi para mahasiswanya dengan berbagai kemudahan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang canggih yang dikendalikan oleh Badan Perencana Sistem Informasi (BAPSI) UUI. 

Kemudahan yang diberikan oleh kampus UUI ini adalah adanya sistem komunikasi antara pihak kampus dengan mahasiswanya berbasis Kampus Cyber, dimana para mahasiswa terkoneksi langsung dengan Sistem Informasi Akademik (SIKAD) dalam mengakses jadwal perkuliahan, nilai yang dapat dilihat secara online dengan fasilitas Kartu Rencana Studi (KRS) Online dan disediakan Wi-Fi yang dapat diakses dengan mudah dan dapat dijumpai disetiap titik lokasi kampus. Intinya, Mahasiswa mampu mengakses Informasi dengan cepat dan tepat serta akurat serta mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, sehingga benar, kampus UUI ini mampu mencetak Mahasiswa Online di jaman Teknologi Informasi dan Komunikasi yang semakin maju ini. 
    
    Lantas, bagaimana caranya agar dapat menjadi Mahasiswa Online, Mahasiswa Kreatif, Mahasiswa Berprestasi di UUI ataupun dimana Anda kuliah, berikut ini adalah Tips dan Trik Belajar Sukses di Perguruan Tinggi yang sedang dijalani agar cepat dan tepat waktunya tamat atau lulus dengan baik, yaitu:
  1. Berdoa serta Berusaha, karena itu adalah hal yang InsyaAllah mudah untuk mencapai suatu tujuan, karena ada pepatah mengatakan “Ora Et Labora”, Berdoa dan Berusaha, dengan Berdoa dan Berusaha, maka percayalah apa yang kita kerjakan pasti ada hasilnya. Lebih baik bersakit-sakit dahulu baru mendapatkan sukses yang luar biasa. Walau agak membosankan, namun tetaplah semangat menjalani hari-hari Kuliah dengan baik. 
  2. Giat dalam melakukan berbagai tugas, supaya mendapatkan nilai yang bagus. Ini adalah nasehat yang harus dipatuhi. Jangan malas mengerjakan Tugas yang diberikan oleh Dosen, karena dengan Iklas dan Rela memberi Tugas adalah upaya terbaik untuk menarik perhatian Dosen.
  3. Selalu optimis serta semangat menjalani kehidupan di Universitas, karena dengan cara itu masalah yang membebani kita akan berkurang. Ingat jangan membebani pikiran dengan pergaulan-pergaulan bebas yang mengarah kepada pertemanan dengan lawan jenis yang mengarah kepada hal-hal yang negatif, misalnya: pacaran hingga melakukan hubungan intim (karena masa-masa kuliah seperti ini, jauh dari orang tua, kost ditempat-tempat yang tidak ada induk semangnya), akan berpotensi melahirkan pergaulan bebas hingga mengkonsumsi miras (minuman keras) hingga ke penggunaan narkoba sehingga merusak tujuan utama kuliah. 
  4. Selalu menghadiri kelas perkuliahan, jangan pernah bolos. Hati-hati! Ingat bahwa bentuk kelas kuliah jauh beda dengan sekolah. Perkuliah ditentukan oleh Dosen, terkadang dosen memberikan jadwal kuliah tidak pada waktunya. Jadwalnya berubah-ubah sehingga Anda harus siap kapan diadakan pertemuan kelas. 
  5. Pada saat Skripsi, jangan membawa tingkatan kesetresan-mu secara berlebihan, ikuti tips 3. Tabah, Tawakal, Setia dan Selalu berharap untuk tamat, kerjakan Skripsimu pelan-pelan, ingat Serius tapi Santai. 
  6. Tetap bertawakkal kepada Allah, karena Tuhan tahu dimana rezeki kita, dan kita selalu berusaha serta berdoa kepada Tuhan, Amin. 
  7. Belajar berkelompok agar lebih mendalami materi perkuliahan dengan baik dan sempurna. 
  8. Berkuliah dengan iklas dan senang, karena dengan menghadiri kelas tanpa beban adalah suatu obat mujarab untuk menghilangkan stress, selalu minta Doa Orang Tua, karena mereka adalah wakil kita di dunia ini. 
  9. Makan makanan bergizi dan olahraga teratur, serta menjaga kesehatan sehingga target yang kita canangkan untuk tamat dapat direalisasikan dengan baik. Jangan boros tetapi selalu berhemat. 
  10. Luangkan banyak waktu untuk membaca agar mendapat IP (Indeks Prestasi) yang bagus, ini adalah tips dan trik yang mungkin telah ditinggalkan oleh banyak mahasiswa. IP yang tinggi akan mementukan Anda dimana saat melamar pekerjaan. Ingat itu! 
  11. Tidak sering ke kantin dan menceritakan hal yang tidak bermanfaat, ini sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir menghambur-hamburkan waktu yang sangat penting. Jadikan waktu adalah emas yang dapat mengubah hidup Anda. Kesalahan mahasiswa banyak terjerumus lama tamat karena terjebak di kantin kampus. Lupa waktu akibat ngobrol hal-hal yang tidak penting di kantin kampus. 
  12. Mengikuti dan menjalani hari-hari dengan sabar dan penuh suka cita kehidupan sebagai mahasiswa agar menjadi orang sukses memang sangat panjang alur ceritannya. 
  13. Gunakan perangkat IT yang anda punya khusus untuk mengakses hal-hal yang positif, jangan sekali-sekali anda menggunakan perangkat IT untuk bermain game, kecuali anda menciptakan game, apalagi untuk mengakses situs porno, menonton film porno, tetapi gunakan perangkat IT yang anda punya untuk hal yang positif dan berguna.
Itulah tips dan trik agar Anda sukses menjalani hari-hari di Perguruan Tinggi yang Anda jalani, khususnya bagi Anda yang kulih di Universitas Ubudiyah Indonesia. Dengan menjalankan Tips dan Trik diatas, maka Insya Allah anda menjadi pribadi yang sukses, bersiap menjadi Mahasiswa Kreatif, Mahasiswa Berprestasi di Kampus Impian dan bersiap menjadi Mahasiswa Online. Ingat, Kesuksesan itu datangnya tidak Instant, tapi dibutuhkan perjuangan, kerja keras dan sikap Bersyukur dan Memohon kepada Tuhan untuk dibukakan Jalan Kesuksesan sesuai dengan Usaha kita. 
Semoga Bermanfaat.

2 komentar:

  1. asyik artikelnya, ditunggu kunjung baliknya di: http://belajarnegara.blogspot.com/2015/01/sukses-menjadi-mahasiswa-dan-menjadi.html

    BalasHapus
  2. Terimakasih mas bro..akan segera meluncur ke tkp

    BalasHapus