Senin, 20 Juli 2015

Prestasi BNI Selama 69 Tahun Untuk Negeri Tercinta

Foto Kalender BNI Tahun 2015, tetap membawa spirit 1946. Dok Pri.

Lahir sebagai Bank pertama di Negeri yang baru setahun merdeka, dengan segala carut-marut perekonomian pasca bebas dari Penjajahan Belanda, BNI singkatan dari Bank Negara Indonesia memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu sebagai Bank Sentral dan Bank Umum seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai Bank Komersial sejak tahun 1955.

Terlahir sebagai Bank Pertama dimasa Perjuangan Merebut Kemerdekaan dari para Penjajah, BNI tumbuh dengan arif dan bijaksana. Dimulai dari mencetak dan mengedarkan Oeang (uang) Republik Indonesia yang resmi pertama kalinya tanggal 30 Oktober 1946.   
Sebagai Bank Sentral yang masih terbatas, Bank Rakyat Indonesia menempati kantor yang diwariskan oleh Pemerintah Belanda pasca Kemerdekaan bernama De Javache Bank pada tahun 1949. Tahun 1950, peran BNI lebih vital lagi karena BNI ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai Bank Devisa dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Singapura sebagai cabang BNI pertama di luar negeri pada tahun 1955.


Inovasi Teknologi Yang Andal Untuk Kemajuan Ekonomi Tanah Air
Perjalanan panjang BNI sebagai Bank Pemerintah yang telah banyak makan asam garam dalam dunia perbankan telah membawa kepercayaan kepada seluruh lapisan masyarakat, baik di kota maupun di pelosok-pelosok desa untuk menyimpan uang mereka di BNI. BNI sebagai bank pertama dan utama telah memberikan rasa aman kepada para nasabah BNI dimanapun dan apapun profesinya untuk menabung maupun berinvestasi di BNI. BNI telah menunjukkan komitmennya untuk mendukung laju perekonomian dalam negeri Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Berbagai prestasi dan terobosan telah dilakoni oleh BNI selama 69 tahun keberadaannya sejak tahun 1946. Didukung oleh Sejarah yang panjang, kondisi keuangan yang kuat, Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang andal serta inovatif telah menempatkan BNI sebagai Bank Kepercayaan Seluruh Lapisan Masyarakat mulai dari Sabang hingga Merauke. Berikut saya mencoba merangkum berbagai prestasi di berbagai bidang selama 69 tahun keberadaan BNI untuk kita semua :

Prestasi BNI di bidang Pendidikan :
“Pendidikan untuk Semua, Semua untuk Mendidik”, kita pasti sepakat atas motto diatas, namun apakah kita semua telah berbuat sesuatu untuk dunia Pendidikan kita? Jawabannya belum tentu. Namun, jangan tanyakan hal tersebut pada PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk, Bank pertama tanah air yang didirikan tanggap 5 Juli 1946 ini telah memberikan dan menjadi tonggak sejarah kemajuan perekonomian Indonesia lewat jalur mendidik dengan menabung, yah..BNI sejak tahun 1960-an telah mengajarkan masyarakat untuk menabung dengan cara yang sehat. Berbagai terobosan telah dilakukan BNI untuk mengedukasi masyarakat akan seni Menabung, antara lain :
ü  Memberikan layanan perbankan kepada masyarakat dengan menciptakan Bank Terapung (Bank berupa kapal perahu untuk melayani masyarakat yang tinggal di daerah kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat, seperti di Kalimantan), Bank Keliling (jasa layanan perbankan di mobil-mobil keliling sebagai upaya proaktif untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya arti menabung untuk masa depan). Bank Bocah (program dari BNI untuk mengedukasi para anak-anak Indonesia se tanah air agar memiliki kebiasaan menabung sejak dini, untuk bekal mereka di masa yang akan datang), dan Bank Sarinah (bank yang khusus untuk melayani nasabah wanita saja, juga para petugas banknya adalah perempuan).
ü  Menjadi Bank Perintis Pembayaran Uang Kuliah di Seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta Terkemuka; BNI sejak tahun 1963 telah merintis program layanan perbankan di perguruan tinggi. Dimulai dari membangun cabang BNI di Universitas Sumatera Utara (USU) pintu IV, BNI tersebut telah berdiri megah dan menjadi pusat transaksi keuangan oleh para mahasiswa USU maupun oleh masyarakat sekitarnya, termasuk saya. Saya adalah salah satu nasabah Bank BNI cabang USU yang selalu menggunakan ATM Bank BNI USU untuk mengambil gaji, kebetulan perusahaan tempat saya bekerja mengirimkan gaji bulanan lewat Bank BNI dan BNI Cabang USU adalah yang terdekat. Hingga saat ini, BNI telah memiliki kantor cabang di setiap Universitas Negeri maupun Swasta terkemuka di seluruh Indonesia. Sehingga sesuai dengan UU No. 17 Tahun 1968, BNI sebagai Bank Umum yang berfungsi untuk memperbaiki perekonomian rakyat serta memfasilitasi pembangunan ekonomi nasional dengan turut membantu dan mengedukasi para mahasiswa tanah air dengan menabung di BNI.
ü  Rutin memberikan bantuan Beasiswa kepada warga negara Indonesia yang mempunyai prestasi tinggi dibidang akademik, tetapi tidak memiliki biaya untuk kuliah. Beasiswa ini bagi masyarakat yang kurang mampu agar kuliah dengan baik dan menyelesaikannya tepat waktu, tanpa harus ikatan dinas di BNI.

 Prestasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia
Dalam mewujudkan BNI sebagai Bank Nasional, namun mampu bersaing secara global BNI terus berpacu dengan waktu. Mulai dari mereposisi (menata kembali) identitas korporatnya untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan yang dinamis (bergerak terus) mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan pasar global. Dimana logo BNI yang semula dengan lingkaran warna merah dan bertuliskan BNI 1946 berwarna emas melambangkan persatuan, keberanian, dan patriotisme yang merefleksikan BNI sebagai Bank perjuangan. Pada tahun 1988, logo BNI dirubah lagi menjadi logo kapal berlayar ditengah-tengah ombak besar yang memberikan arti posisi BNI sebagai Bank Umum Pemerintah Indonesia yang siap untuk berselanjar memasuki pasa keuangan dunia internasional dengan membuka cabang di luar negeri. Gelombang menggambarkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial Negara yang berorientasi kepada perkembangan pasar.

Namun, akibat krisis ekonomi tahun 1998, BNI kembali merubah logo dan identitas (rebranding) agar kepercayaan rakyat yang punah akibat krisis, pulih kembali maka logo BNI dibuat dengan angka ‘46’ (tahun kelahiran) didepan kata BNI yang berwarna tosca (artinya; mencerminkan kekuatan, keunikan, dan kekokohan) di era modernisasi.

Terbukti dengan rebranding ini, BNI mampu memberikan solusi perbankan kepada seluruh nasabahnya. BNI dengan Visi : “Menjadi Bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja”, menjadikan BNI “unggul” dalam bidang pengelolaan pengetahuan, keterampilan (skill), dan kemampuan Sumber Daya Manusia yang digunakan sebagai bentuk kapital atau barang modal yang paling berharga untuk menghasilkan pelayanan yang profesional dan keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan SDM yang berkualitas terhadap perkembangan ekonomi (economic rent). Melalui pelayanan dari para karyawan BNI, maka para nasabah memiliki nilai melalui produk/jasa yang beragam dan terpadu, serta pengelolaan perbankan yang berkualitas dengan resiko yang terukur.

“Terkemuka”, dengan kinerja SDM yang berkualitas, BNI akan menjadi Bank pilihan pertama masyarakat tanah air dengan kualitas layanan terbaik yang akan membawa BNI menjadi “terdepan” dalam hal kinerja keuangan yang berkualitas tinggi dan memberikan kualitas investasi yang memuaskan bagi para pemangku kepentingan untuk kemajuan perekonomian Indonesia.
Hal peningkatan SDM tertuang dalam Misi BNI :
·         Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
·         Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
·         Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
·         Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas.
·         Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Sejak tahun 2004, BNI juga telah merilis Budaya Kerja dengan nama “PRINSIP 46”, yang menjadi Tuntunan Perilaku Insan BNI, yaitu:

4 (Empat) Nilai Budaya Kerja :
·         PROFESIONALISME
·         INTEGRITAS
·         ORIENTASI PELANGGAN
·         PERBAIKAN TIADA HENTI

6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI :
·         Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
·         Jujur, Tulus dan Ikhlas
·         Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
·         Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
·         Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
·         Kreatif dan Inovatif

Semua nilai-nilai diatas saling mengisi dan berhubungan erat satu sama lain yang menjadi Nilai Budaya Kerja BNI yang dapat ditiru ataupun diadopsi oleh perusahaan-perusahaan ataupun dunia Pendidikan lainnya untuk diterapkan dalam prinsip diri dalam mengsukseskan diri maupun perusahaan atau lembaga yang dibinannya.
Pada akhir tahun 2012, Pemerintah Republik Indonesia telah memegang 60% saham BNI, sementara sisanya 40% dimiliki oleh pemegang saham publik, baik individu maupun institusi, domestik dan asing.
Pelayanan BNI, Sumber: bumn.go.id/bni

BNI Bank Terbesar ke – 4 di Indonesia
Saat ini, BNI telah mencapai pencapaian yang cukup luar biasa. Bank Pemerintah ini bercokol di peringkat 4 (empat) Bank dengan aset terbesar di Indonesia, bersaing dengan Bank Mandiri, BRI dan BCA. Total Rp. 408,05 triliun (sumber: bisniskeuangan.kompas.com) dengan laba bersih sebesar Rp. 10,8 triliun atau naik 19,1% diakhir tahun 2014 adalah pencapaian luar biasa.

"Kamimerasa bersyukurdan bangga atas pencapaian kinerja keuangan BNI ini yang mampu meraih Laba Bersih sebesar Rp 10,8 triliun atau naik 19,1% dari tahun sebelumnya. Meskipun diwarnai dengan tantangan kondisi perekonomian, yakni perlambatan pertumbuhan PDB dan gejolak perekonomian internasional, BNI tetap dapat menunjukkan kinerja keuangan yang solid di tahun 2014.

Hal ini dicapai melalui komitmen kuat, kerja keras dan senantiasa berorientasi pada pelanggan, serta komitmen mempersembahkan nilai yang terbaik bagi seluruh stakeholders. Secara pribadi, saya juga merasa bangga dengan pencapaian laba bersih BNI yang mencapai dua digit ini sebagai akumulasi kerja keras sejak 7 tahun yang lalu ketika saya diberikan amanat sebagai Direktur Utama. 

Berharap pertumbuhan ini akan terus berlanjut tidak hanya bagi BNI sendiri, tetapi bagi kinerja perusahaan group untuk mewujudkan visinya sebagai BNI Financial Services. Konsep layanan keuangan terpadu BNI atau BNI Financial Services ini mendapat pengakuan internasional pada hari ini (29/1) di Kuala Lumpur, Malaysia,  dengan diraihnya 5 kategori penghargaan dari Alpha Southeast Asia untuk BNI, BNI Life dan BNI Securities,” kata Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI, pada konferensi pers Kinerja Keuangan BNI Tahun 2014, di Jakarta (29/1).
Dengan begitu, BNI yang didukung oleh perusahaan anak seperti: BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Securities, dan BNI Life Insurance telah memberikan aset maupun keuntungan bagi masyarakat Indonesia.

Bank Dengan Jaringan Internasional Terluas di Dunia
Sebagai bank BUMN dengan jaringan internasional terbesar, saat ini BNI memiliki lima kantor cabang di luar negeri, yaitu: di London, New York, Tokyo, Singapura, Hongkong, satu sub branch di Osaka, Limited Purpose Branch di Singapura, dan Remittance Representative yang tersebar di Malaysia, Saudi Arabia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat.
BNI juga memiliki 11.209 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 (empat) ATM di Hong Kong dan 2 (dua) ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh 43.191 ATM LINK, 64.471 ATM Bersama, serta 71.369 jaringan ATM PRIMA. Selain itu terdapat fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id.

Untuk jaringan domestik, BNI memiliki 1.714 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 384 kabupaten. Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat, BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer and Retail Loan Center (LNC) yang terbesar di seluruh Indonesia.
Disamping itu juga, BNI menyediakan ATM khusus kendaraan roda dua, dan merangkul para klub-klub sepeda motor untuk mengsukseskan “BNI ATM Bikers” untuk memenuhi ekspektasi publik akan keberadaan BNI dan memenuhi kebutuhan publik, khususnya para pengguna roda dalam proses transfer-tarik uang lewat ATM.

Penghargaan atas Prestasi BNI tahun 2014 :
  • Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
  • The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
  • Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
  • The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management  Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service  dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
  • Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia  Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
  • The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
  • Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
  • Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
  • Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional  HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
  • Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
  • The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
  • The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
  • Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
  • Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
  • Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
  • Gatot M. Suwondo  CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
  • The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia  Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.

Penutup

Semoga BNI di usiannya yang sudah 69 tahun, mampu memberikan pelayanan lebih baik dan tidak cepat puas akan segala prestasi yang diraih. Memberikan bukti bahwa BNI adalah bank pertama di Indonesia dan menjadi urat nadi bagi perkembangan perekonomian di Indonesia harus memberi bukti dengan melayani segenap hati. Semoga di usia yang mulai senja, Prestasi dan Pelayanan semakin HOT, bukan melempem dan tenggelam oleh persaingan, tetapi semakin OK, Tua-Tua Keladi, Semakin Tua Semakin Menjadi. Semoga...!!!

Sumber Tulisan :
http://www.bumn.go.id/bni

2 komentar:

  1. SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI BODAS<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI BODAS<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  2. BdDomino Agen Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 |

    BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

    Mengadakan Kontes SEO dengan TOTAL HADIAH Rp.30.000.000 untuk 20 Pemenang

    :
    Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk menguji kemampuan SEO anda
    Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini.

    BdDomino Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker

    BdDomino

    Tanggal : 17 Juli Sampai 2 Oktober 2017

    BalasHapus