Foto Kalender BNI Tahun 2015, tetap membawa spirit 1946. Dok Pri. |
Lahir sebagai
Bank pertama di Negeri yang baru setahun merdeka, dengan segala carut-marut
perekonomian pasca bebas dari Penjajahan Belanda, BNI singkatan dari Bank
Negara Indonesia memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu sebagai Bank Sentral
dan Bank Umum seperti yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti
Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai Bank Komersial
sejak tahun 1955.
Terlahir sebagai
Bank Pertama dimasa Perjuangan Merebut Kemerdekaan dari para Penjajah, BNI
tumbuh dengan arif dan bijaksana. Dimulai dari mencetak dan mengedarkan Oeang
(uang) Republik Indonesia yang resmi pertama kalinya tanggal 30 Oktober 1946.
Sebagai Bank
Sentral yang masih terbatas, Bank Rakyat Indonesia menempati kantor yang
diwariskan oleh Pemerintah Belanda pasca Kemerdekaan bernama De Javache Bank pada
tahun 1949. Tahun 1950, peran BNI lebih vital lagi karena BNI ditetapkan
sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai Bank Devisa
dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Singapura sebagai cabang BNI
pertama di luar negeri pada tahun 1955.
Inovasi Teknologi Yang Andal Untuk Kemajuan
Ekonomi Tanah Air
Perjalanan
panjang BNI sebagai Bank Pemerintah yang telah banyak makan asam garam dalam dunia perbankan telah
membawa kepercayaan kepada seluruh lapisan masyarakat, baik di kota maupun di
pelosok-pelosok desa untuk menyimpan uang mereka di BNI. BNI sebagai bank
pertama dan utama telah memberikan rasa aman kepada para nasabah BNI dimanapun
dan apapun profesinya untuk menabung maupun berinvestasi di BNI. BNI telah
menunjukkan komitmennya untuk mendukung laju perekonomian dalam negeri
Indonesia untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Berbagai prestasi
dan terobosan telah dilakoni oleh BNI selama 69 tahun keberadaannya sejak tahun
1946. Didukung oleh Sejarah yang panjang, kondisi keuangan yang kuat, Sumber
Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
yang andal serta inovatif telah menempatkan BNI sebagai Bank Kepercayaan
Seluruh Lapisan Masyarakat mulai dari Sabang hingga Merauke. Berikut saya
mencoba merangkum berbagai prestasi di berbagai bidang selama 69 tahun
keberadaan BNI untuk kita semua :
Prestasi BNI di bidang Pendidikan :
“Pendidikan
untuk Semua, Semua untuk Mendidik”, kita pasti sepakat atas motto
diatas, namun apakah kita semua telah berbuat sesuatu untuk dunia Pendidikan
kita? Jawabannya belum tentu. Namun, jangan tanyakan hal tersebut pada PT. Bank
Negara Indonesia (persero) Tbk, Bank pertama tanah air yang didirikan tanggap 5
Juli 1946 ini telah memberikan dan menjadi tonggak sejarah kemajuan
perekonomian Indonesia lewat jalur mendidik dengan menabung, yah..BNI sejak
tahun 1960-an telah mengajarkan masyarakat untuk menabung dengan cara yang
sehat. Berbagai terobosan telah dilakukan BNI untuk mengedukasi masyarakat akan
seni Menabung, antara lain :
ü
Memberikan layanan perbankan kepada masyarakat
dengan menciptakan Bank Terapung (Bank berupa kapal perahu untuk melayani masyarakat
yang tinggal di daerah kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang
sulit dijangkau dengan transportasi darat, seperti di Kalimantan), Bank
Keliling (jasa layanan perbankan di mobil-mobil keliling sebagai upaya proaktif
untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya arti menabung untuk
masa depan). Bank Bocah (program dari BNI untuk mengedukasi para anak-anak
Indonesia se tanah air agar memiliki kebiasaan menabung sejak dini, untuk bekal
mereka di masa yang akan datang), dan Bank Sarinah (bank yang khusus untuk
melayani nasabah wanita saja, juga para petugas banknya adalah perempuan).
ü
Menjadi Bank Perintis Pembayaran Uang Kuliah di
Seluruh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta Terkemuka; BNI sejak tahun 1963
telah merintis program layanan perbankan di perguruan tinggi. Dimulai dari
membangun cabang BNI di Universitas Sumatera Utara (USU) pintu IV, BNI tersebut
telah berdiri megah dan menjadi pusat transaksi keuangan oleh para mahasiswa
USU maupun oleh masyarakat sekitarnya, termasuk saya. Saya adalah salah satu
nasabah Bank BNI cabang USU yang selalu menggunakan ATM Bank BNI USU untuk
mengambil gaji, kebetulan perusahaan tempat saya bekerja mengirimkan gaji
bulanan lewat Bank BNI dan BNI Cabang USU adalah yang terdekat. Hingga saat
ini, BNI telah memiliki kantor cabang di setiap Universitas Negeri maupun
Swasta terkemuka di seluruh Indonesia. Sehingga sesuai dengan UU No. 17 Tahun 1968,
BNI sebagai Bank Umum yang berfungsi untuk memperbaiki perekonomian rakyat
serta memfasilitasi pembangunan ekonomi nasional dengan turut membantu dan
mengedukasi para mahasiswa tanah air dengan menabung di BNI.
ü
Rutin memberikan bantuan Beasiswa kepada warga
negara Indonesia yang mempunyai prestasi tinggi dibidang akademik, tetapi tidak
memiliki biaya untuk kuliah. Beasiswa ini bagi masyarakat yang kurang mampu
agar kuliah dengan baik dan menyelesaikannya tepat waktu, tanpa harus ikatan
dinas di BNI.
Prestasi
Peningkatan Sumber Daya Manusia Indonesia
Dalam mewujudkan
BNI sebagai Bank Nasional, namun mampu bersaing secara global BNI terus berpacu
dengan waktu. Mulai dari mereposisi (menata kembali) identitas korporatnya
untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan yang dinamis (bergerak terus)
mengikuti perkembangan jaman dan kebutuhan pasar global. Dimana logo BNI yang
semula dengan lingkaran warna merah dan bertuliskan BNI 1946 berwarna emas
melambangkan persatuan, keberanian, dan patriotisme yang merefleksikan BNI
sebagai Bank perjuangan. Pada tahun 1988, logo BNI dirubah lagi menjadi logo
kapal berlayar ditengah-tengah ombak besar yang memberikan arti posisi BNI
sebagai Bank Umum Pemerintah Indonesia yang siap untuk berselanjar memasuki
pasa keuangan dunia internasional dengan membuka cabang di luar negeri. Gelombang
menggambarkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial Negara yang
berorientasi kepada perkembangan pasar.
Namun, akibat
krisis ekonomi tahun 1998, BNI kembali merubah logo dan identitas (rebranding) agar kepercayaan rakyat yang
punah akibat krisis, pulih kembali maka logo BNI dibuat dengan angka ‘46’
(tahun kelahiran) didepan kata BNI yang berwarna tosca (artinya; mencerminkan
kekuatan, keunikan, dan kekokohan) di era modernisasi.
Terbukti dengan rebranding ini, BNI mampu memberikan
solusi perbankan kepada seluruh nasabahnya. BNI dengan Visi : “Menjadi
Bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja”,
menjadikan BNI “unggul” dalam bidang
pengelolaan pengetahuan, keterampilan (skill),
dan kemampuan Sumber Daya Manusia yang digunakan sebagai bentuk kapital atau
barang modal yang paling berharga untuk menghasilkan pelayanan yang profesional
dan keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan SDM yang berkualitas terhadap
perkembangan ekonomi (economic rent).
Melalui pelayanan dari para karyawan BNI, maka para nasabah memiliki nilai
melalui produk/jasa yang beragam dan terpadu, serta pengelolaan perbankan yang
berkualitas dengan resiko yang terukur.
“Terkemuka”, dengan kinerja SDM yang
berkualitas, BNI akan menjadi Bank pilihan pertama masyarakat tanah air dengan
kualitas layanan terbaik yang akan membawa BNI menjadi “terdepan” dalam hal kinerja keuangan yang berkualitas tinggi dan
memberikan kualitas investasi yang memuaskan bagi para pemangku kepentingan
untuk kemajuan perekonomian Indonesia.
Hal peningkatan
SDM tertuang dalam Misi BNI :
·
Memberikan layanan prima dan solusi yang
bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
·
Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi
investor.
·
Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan
sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
·
Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab
terhadap lingkungan dan komunitas.
·
Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata
kelola perusahaan yang baik.
Sejak tahun
2004, BNI juga telah merilis Budaya Kerja dengan nama “PRINSIP 46”, yang
menjadi Tuntunan Perilaku Insan BNI, yaitu:
4 (Empat) Nilai Budaya Kerja :
·
PROFESIONALISME
·
INTEGRITAS
·
ORIENTASI PELANGGAN
·
PERBAIKAN TIADA HENTI
6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI :
·
Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil
Terbaik
·
Jujur, Tulus dan Ikhlas
·
Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
·
Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan
yang Sinergis
·
Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
·
Kreatif dan Inovatif
Semua nilai-nilai
diatas saling mengisi dan berhubungan erat satu sama lain yang menjadi Nilai
Budaya Kerja BNI yang dapat ditiru ataupun diadopsi oleh perusahaan-perusahaan
ataupun dunia Pendidikan lainnya untuk diterapkan dalam prinsip diri dalam
mengsukseskan diri maupun perusahaan atau lembaga yang dibinannya.
Pada akhir tahun
2012, Pemerintah Republik Indonesia telah memegang 60% saham BNI, sementara
sisanya 40% dimiliki oleh pemegang saham publik, baik individu maupun
institusi, domestik dan asing.
Pelayanan BNI, Sumber: bumn.go.id/bni |
BNI Bank Terbesar ke – 4 di Indonesia
Saat ini, BNI
telah mencapai pencapaian yang cukup luar biasa. Bank Pemerintah ini bercokol
di peringkat 4 (empat) Bank dengan aset terbesar di Indonesia, bersaing dengan
Bank Mandiri, BRI dan BCA. Total Rp. 408,05 triliun (sumber: bisniskeuangan.kompas.com) dengan laba bersih sebesar Rp.
10,8 triliun atau naik 19,1% diakhir tahun 2014 adalah pencapaian luar biasa.
"Kamimerasa bersyukurdan bangga
atas pencapaian kinerja keuangan BNI ini yang mampu meraih Laba Bersih sebesar
Rp 10,8 triliun atau naik 19,1% dari tahun sebelumnya. Meskipun diwarnai dengan
tantangan kondisi perekonomian, yakni perlambatan pertumbuhan PDB dan gejolak
perekonomian internasional, BNI tetap dapat menunjukkan kinerja keuangan yang
solid di tahun 2014.
Hal
ini dicapai melalui komitmen kuat, kerja keras dan senantiasa berorientasi pada
pelanggan, serta komitmen mempersembahkan nilai yang terbaik bagi seluruh
stakeholders. Secara pribadi, saya juga merasa bangga dengan pencapaian laba
bersih BNI yang mencapai dua digit ini sebagai akumulasi kerja keras sejak 7
tahun yang lalu ketika saya diberikan amanat sebagai Direktur Utama.
Berharap
pertumbuhan ini akan terus berlanjut tidak hanya bagi BNI sendiri, tetapi bagi
kinerja perusahaan group untuk mewujudkan visinya sebagai BNI Financial
Services. Konsep
layanan keuangan terpadu BNI atau BNI Financial Services ini mendapat pengakuan
internasional pada hari ini (29/1) di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan
diraihnya 5 kategori penghargaan dari Alpha Southeast Asia untuk BNI, BNI Life
dan BNI Securities,” kata Gatot M Suwondo, Direktur Utama BNI, pada
konferensi pers Kinerja Keuangan BNI Tahun 2014, di Jakarta (29/1).
Dengan begitu, BNI yang didukung
oleh perusahaan anak seperti: BNI Syariah, BNI Multi Finance, BNI Securities,
dan BNI Life Insurance telah memberikan aset maupun keuntungan bagi masyarakat
Indonesia.
Bank Dengan Jaringan Internasional Terluas
di Dunia
Sebagai
bank BUMN dengan jaringan internasional terbesar, saat ini BNI memiliki lima
kantor cabang di luar negeri, yaitu: di London, New York, Tokyo, Singapura,
Hongkong, satu sub branch di Osaka, Limited Purpose Branch di Singapura, dan
Remittance Representative yang tersebar di Malaysia, Saudi Arabia, Qatar, Uni
Emirat Arab, dan Amerika Serikat.
BNI
juga memiliki 11.209 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota
termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 (empat) ATM di Hong Kong dan 2
(dua) ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh 43.191 ATM LINK,
64.471 ATM Bersama, serta 71.369 jaringan ATM PRIMA. Selain itu terdapat
fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046
dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id.
Untuk
jaringan domestik, BNI memiliki 1.714 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan
384 kabupaten. Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat, BNI juga memiliki
24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit
Kecil (UKC), dan 12 Consumer and Retail Loan Center (LNC) yang terbesar di
seluruh Indonesia.
Disamping
itu juga, BNI menyediakan ATM khusus kendaraan roda dua, dan merangkul para
klub-klub sepeda motor untuk mengsukseskan “BNI ATM Bikers” untuk
memenuhi ekspektasi publik akan
keberadaan BNI dan memenuhi kebutuhan publik, khususnya para pengguna roda
dalam proses transfer-tarik uang lewat ATM.
Penghargaan atas
Prestasi BNI tahun 2014 :
- Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
- The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
- Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
- The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
- Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
- The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
- Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
- Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
- Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
- Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
- The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
- The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
- Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
- Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
- Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
- Gatot M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
- The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
Penutup
Semoga BNI di usiannya yang sudah 69
tahun, mampu memberikan pelayanan lebih baik dan tidak cepat puas akan segala
prestasi yang diraih. Memberikan bukti bahwa BNI adalah bank pertama di
Indonesia dan menjadi urat nadi bagi perkembangan perekonomian di Indonesia
harus memberi bukti dengan melayani segenap hati. Semoga di usia yang mulai
senja, Prestasi dan Pelayanan semakin HOT, bukan melempem dan tenggelam oleh
persaingan, tetapi semakin OK, Tua-Tua Keladi, Semakin Tua Semakin Menjadi. Semoga...!!!
Sumber Tulisan :
http://www.bumn.go.id/bni
SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
BalasHapusDEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI BODAS<=…
>>>085-320-279-333<<<
SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....
…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…
**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..
…=>AKI BODAS<=…
>>>085-320-279-333<<<
BdDomino Agen Sakong Online | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 |
BalasHapusBandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia
Mengadakan Kontes SEO dengan TOTAL HADIAH Rp.30.000.000 untuk 20 Pemenang
:
Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk menguji kemampuan SEO anda
Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes ini.
BdDomino Dengan Keyword : BandarQ Agen Sakong Judi AduQ Capsa Bandar Poker
BdDomino
Tanggal : 17 Juli Sampai 2 Oktober 2017