Rabu, 31 Mei 2017

Cara Memilih Handphone Android Yang Cocok Bagi Kantong Guru

Tips memilih telepon pintar idaman kita. sumber gambar: www.mbahgaul.com

Di era kekinian kita dihadapkan pada kenyataan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesatnya, hingga kita mengenal generasi Z yang digadang-gadang mampu menjadi orang-orang yang mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu secara bersamaan, contohnya: mampu menggunakan semua perangkat teknologi dengan baik dan benar. Mampu menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dengan baik. Tapi, apakah benar demikian?
Ketika munculnya generasi Z setelah generasi Y dan Z, maka harapan besar terjadi di negara kita, dimana harapan akan kemampuan mereka untuk belajar dengan baik sangat membuncah, sehingga muncul anekdot, “kebo nyusu gudel” yang artinya, yang tua belajar pada yang muda dalam hal pemanfaatan perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Tetapi apa benar?
Ternyata tidak, generasi Z ternyata tidak bisa menerjemahkan ekspektasi yang diberikan kepada mereka, generasi Z ternyata sangat perlu diajarkan bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan baik dan benar. Mereka perlu belajar dan dibimbing kembali oleh para guru yang memang sangat vital peran mereka dalam proses pendidikannya. Guru adalah ujung tombak pendidikan yang perlu diasah juga kemampuan mereka dalam memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi saat mengajar, khususnya pemanfaatan internet dan ponsel pintar (Smartphone) dalam upaya memberikan bahan ajar di kelas maupun di luar kelas. Sebab proses belajar di era kekinian bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, juga tanpa harus dilakukan dengan tatap muka dan pembelajarannya tidak harus menggunakan media yang konvensional, tetapi sudah online dan real time serta memanfaatkan teknologi cerdas.
Smartphone atau telepon pintar, adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang fungsinya sudah seperti komputer, karena bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Dikatakan telepon pintar, karena mampu menyajikan fitur canggih seperti surel (berbagi surat elektronik), bisa internet dan kita bisa membaca buku elektronik (e-book), bisa bermedia sosial (chat, video call) atau mampu menyimpan dan berbagi data dengan berbagai fitur.  Sehingga tidak heran apabila peminat smartphone ini begitu laris manis? Ibarat kacang, telepon pintar ini menjadi pilihan bagi siapa saja, baik itu yang muda ataupun yang tua, yang kerja atau pengangguran sangat antusias untuk memiliki barang yang satu ini, sehingga tidak heran pengguna smartphone ini makin banyak dan meningkat tiap tahun. Faktanya, jumlah pengguna telepon pintar lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia saat ini, yang artinya: Smartphone sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari sebagai alat komunikasi sekaligus komputer kecil yang simpel.
Ada banyak macam sistem operasi telepon pintar, diantaranya:
Android, BlackBerry OS, iOS, Windows Phone, Bada OS, FireFox OS, MeeGo OS, Palm OS, Symbian OS, Tizen OS, Ubuntu OS, dan masih banyak lagi.

sinyaliti.com adalah salah satu portal telepon pintar terbaik yang ada di Indonesia. Kenapa? karena Sinyaliti.com hadir sebagai media pusat informasi media telepon pintar termurah di Indonesia. Tidak percaya? silahkan cek sendiri dan review dengan website penyedia jasa layanan yang sama.

Review yang kita dapatkan di Sinyaliti.com sangat lengkap, karena selain perbandingan harga, juga lengkap dengan spesifikasinya, tampilan warna dan jenis pilihan serta apa kelebihan dan kekurangan dari smartphone yang kita inginkan. Sinyaliti.com dijamin mampu bersaing dengan toko-toko online yang duluan lahir dan sudah familiar di telinga kita, seperti : Lazada.com, Bibli.com, mataharimall, bahkan dengan Elevania.com, Sinyaliti mampu bersaing dengan baik.

Nah, sekarang bagi kita guru, trik untuk mendapatkan telepon pintar yang murah tetapi cocok digunakan saat pembelajaran alias tidak malu-maluin, adalah :
1.    Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki.
Budget atau anggaran adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Harga smartphone memang beragam mulai dari yang murah sampai dengan yang paling tinggi dengan kualitas terbaik. Sehingga kita tahu mana smartphone yang pas untuk kita pilih namun tidak membuat kantong jebol. Buat daftar harga dulu lalu pilihlah yang sesuai dengan anggaran kita. 

2.    Cari Informasi Sebanyak Mungkin Tentang Smartphone yang Akan Dibeli.
Seperti yang sudah saya sampaikan di awal tadi bahwa kita harus cermat dan teliti sebelum membeli. Dan salah satu cara untuk kita meneliti barang yang akan kita beli adalah dengan mencari informasi. 
Pada tahap ini kamu bisa mencari info sebanyak mungkin tentang gadget smartphone yang akan dibeli. Bandingkan smartphone satu dengan yang lain, baik dari segi harga, kemampuan dan sebagainya. Banyak sumber untuk mencari referensi informasi seperti internet, majalah yang mengulas gadget dan teknologi atau kamu bisa datang ke dealer nya secara langsung. 

3.    Pilihlah Smartphone dengan Fitur Terbaik yang Ditawarkan.
Banyaknya smartphone yang beredar dipasaran, beragamnya fitur yang ditawarkan oleh masing-masing merek tentu akan membuat kita bingung memilih mana smartphone yang bagus. 
Namun yang membedakan dari setiap merek tentu adalah kualitasnya. Semisal desainnya yang stylish, fitur fingerprint sensor yang akan mengoptimalkan keamanan penggunanya atau berbagai fitur menarik lainnya. 

4.    Pilih Smartphone Dengan Kemampuan Layar yang Baik.
Kemampuan layar yang baik juga menjadi tolok ukur dalam memilih smartphone. Salah satunya adalah fitur layar terkini berukuran 7 inci yang mengadopsi panel LTPS IPS LCD dengan resolusi Full HD 1080 X 1920 pixels. Juga yang memiliki kemampuan layar yang tajam, seperti memiliki kontras rasio yang mencapai 1000:1. Jadi layar pada smartphone akan nampak jernih dan tajam.

5.    Spesifikasi dan Kinerja.

Yang tak kalah penting juga adalah dalam hal spesifikasi dan kinerjanya. Pilihlah smartphone yang nyaman saat dibawa kemana saja. Selain desainnya yang stylish, perhatikan juga beratnya. Dan biasanya smartphone yang memiliki berat 250 gram menjadi nyaman saat dibawa. Kemampuan sidik jari yang cepat menjadi nilai tambah. Juga kamera beresolusi tinggi dan fitur fingerprint sensor menambah keunggulan dan kualitas terbaik smartphone.
Tak lupa pula fitur dual sim untuk pengguna yang menginginkan lebih dari satu kartu seluler. Serta fitur navigasi GPS yang membantu pengguna saat berkendara. 

6.    Kemampuan Baterai Yang Tahan Lama.
Baterai merupakan sumber energi utama dalam sebuah smartphone. Bagi kamu yang memiliki aktivitas padat, daya tahan baterai sangatlah penting. Baterai yang tahan lama menjadi syarat wajib tentunya. Saat kamu memilih smartphone, perhatikan juga spesifikasi dan kapasitas baterainya ya! Dengan baterai yang tahan lama kita tidak perlu khawatir harus menghemat baterai lagi. 

7.    Fitur Konten Hiburan yang Tersedia.
Saat ini smartphone bukan hanya digunakan untuk alat komunikasi saja, melainkan sudah multifungsi seperti untuk bermain game, menonton film, memutar musik, foto dan berbagai kegiatan lainnya. Untuk itu pilihlah smartphone yang menyediakan berbagai fitur konten hiburan yang lengkap sehingga bisa digunakan saat sedang bosan atau boring.
Dengan mengetahui 7 tips cara memilih HP atau smartphone yang bagus dan berkualitas diatas, sekarang kamu tak perlu bingung dan takut salah pilih jika ingin ganti atau membeli smartphone baru. Karena sekarang tips dan trik-nya sudah kamu ketahui. 
Itulah sedikit trik dan tips untuk mencari smartphone yang bisa digunakan sebagai referensi dalam mencari dan mendapatkan telepon pintar idaman kita di SInyaliti.com. Semoga bermanfaat.

Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar