Jumat, 04 September 2020

Penerapan Nilai Karakter dari Pelaksanaan Webinar Series Agustus

 

Webinar Pendidikan, Semakin semangat mewujudkan Pendidikan Karakter

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selama bulan Agustus 2020 melakukan seri kegiatan webinar Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dengan tujuan agar semua stakeholder pendidikan, terutama guru, orangtua dan semua pemangku pendidikan yang berhubungan langsung dengan peserta didik agar tetap mengutamakan dan mengedepankan Penguatan Pendidikan Karakter saat melakukan proses pembelajaran, baik itu saat tatap muka bagi daerah zona hijau dan kuning, maupun lewat PPJ (Pembelajaran Jarak Jauh) bagi zona merah.

Serunya belajar saat kebiasaan baru menjadu gaung yang harus kita terapkan dalam upaya tetap produktif, cerdas dan berkarakter disaat pandemi covid-19. Mewujudkan proses pembelajaran yang tetap mengutamakan mewujudkan karakter manusia Indonesia seutuhnya tetap harus menjadi prioritas saat terjadinya pembelajaran, baik itu jarak jauh atau tatap muka.

Penguatan pendidikan karakter merupakan program utama pemerintah dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang cerdas dan berkarakter. Pendidikan karakter dapat dikatakan sebagai usaha manusia secara sadar dan terencana dalam hal mendidik sekaligus memberdayakan peserta didik dengan tujuan membangun karakter pribadi peserta didik. Tujuannya tentunya agar terwujud generasi penerus bangsa yang memiliki karakter sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ada lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila yang perlu kita terapkan dalam kenormalan baru ini saat melakukan proses pembelajaran, diantaranya:

Nilai karakter religius, dimana selama pandemi ini, kita mengharapkan dan kita sebagai guru dan orangtua menjadi contoh penerapan nilai-nilai religius, terutama di rumah, saat berdoa, melaksanakan ibadah di rumah, sikap menghadapi pandemi covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan, rajin cuci tangan, memakai masker di luar rumah dan menunjukkan sikap mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa.

Nilai karakter nasionalis merupakan nilai karakter yang harus kita tingkatkan sehingga pola pikir generasi bangsa kita bisa lebih mampu mencintai negeri ini dengan segala perbedaan yang kita miliki. Kita harus mengajarkan kepada generasi muda bangsa kita disaat pandemi ini agar mencintai tanah air dengan segala budaya yang beragam, agama yang berbeda-beda, suku yang beraneka ragam, bahasa dan negeri kita yang terdiri dari beribu pulau yang dipersatukan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang harus kita jaga dari segala bentuk rongrongan, terutama yang datang dari dalam negara kita sendiri. Sikap nasionalis ditunjukkan melalui sikap apresiasi budaya bangsa sendiri, menjaga kekayaan budaya bangsa, rela berkorban, unggul, dan berprestasi, cinta tanah air, menjaga lingkungan, taat hukum, disiplin, menghormati keragaman budaya, suku, dan agama.

Suksesnya Pendidikan Karakter tidak lepas dari Peran Orangtua

 

Nilai karakter integritas merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral.

Nilai karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku yang harus kita pupuk, terutama disaat belajar di tengah pandemi covid-19 agar generasi muda kita tidak tertinggal dalam hal pendidikan mereka. Orangtua dan Guru harus bersinergi untuk mewujudkan mandiri belajar dan merdeka belajar dalam upaya anak-anak kita untuk mewujudkan cita-cita mereka.

Nilai karakter gotong royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan, memberi bantuan/pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan.

Inilah nilai-nilai inspiratif dalam mewujudkan karakter bangsa saat belajar di masa pandemi covid-19 yang dapat saya rangkum dari pelaksanaan webinar series Agustus. Salam Pendidikan!

 

4 komentar: